Sharing Folder Tanpa Kabel Lan, Ad Hoc WiFi Hotspot Di Windows 10, Begini Caranya

Meskipun jarang terjadi dimana Anda perlu melakukan transfer file menggunakan LAN tapi tidak ada biaya atau alat untuk membuatnya, ada cara untuk transfer file tanpa menggunakan kabel LAN. Jika Anda menemukan dalam keadaan sulit seperti itu, ada jalan di pintas selama Anda memiliki Windows yang praktis.

Menggunakan Windows - atau memang banyak versi Windows, ini bagus dan mudah sekarang - Anda dapat membuat jaringan WiFi Ad hoc dari komputer Anda, memungkinkan sesuatu terhubung ke jaringan tersebut untuk berbagi koneksi internet komputer maupun berbagi file komputer/laptop. Apa yang Anda lakukan adalah mengubah komputer Anda secara efektif menjadi jalur akses WiFi. Bukankah teknologi ini hebat?

Artikel kali ini akan membahas mengenai Sharing Folder Tanpa Kabel Lan, Ad Hoc WiFi Hotspot Di Windows 10, Begini Caranya, Begini Caranya perintah apa sajakah yang perlu digunakan? mari kita simak bagaimana langkah demi langkah.


Langkah 1: Klik kanan pada tombol Start atau tekan tombol Windows + X untuk membuka panel pengaturan pengguna daya, dan jalankan Command Prompt (Admin) untuk memulai.


Langkah 2: Masukkan perintah berikut, tekan tombol Enter/Return di bagian akhir. Untuk memberi nama koneksi Ad hoc Anda, cukup ganti "namaadhoc" dengan nama pilihan Anda, dan untuk mengganti kata sandinya, ganti "password" dengan salah satu pilihan Anda ::

netsh wlan set hostnetwork mode=allow ssid=adhocname key=password


Langkah 3: Masukkan satu perintah terakhir ini dan tekan tombol Enter / Return:

netsh wlan start hostednetwork


Langkah 4: Buka jendela "Lihat koneksi jaringan", yang dapat ditemukan dengan mudah dengan mencarinya menggunakan bilah penelusuran di Taskbar.


Langkah 5: klik kanan pada Ad hoc yang telah dibuat selanjutkan klik kanan dan propeties untuk konfigurasi selanjutnya



Langkah 6: Anda perlu konfigurasi IP Peer to Peer atau Client-Server. seperti gambar diatas.



Langkah 7: Dan jangan lupa untuk client/peer to peer juga seperti gambar diatas.



Langkah 8: Langkah selanjutnya Tinggal memilih folder yang akan dishare. klik kanan folder yang akan dishare pilih share



Langkah 9: Tambahkan everyone dengan tombol add kemudian klik share

Langkah 10: file berhasil dishare selanjutnya Anda perlu melihat data tersebut di client/peer to peer. di explorer network jika tidak terditeksi silahkan search dimenu exlorer dengan perintah berikut "//:192.168.1.1", "//192.168.1.1", "\\192.168.1.1" atau "\\:192.168.1.1". 

Sebelum melakukan share sebaiknya dilakukan pengecekan apakah sudah terhubung dengan benar seperti melakukan trace ping. jika masih tidak bisa terhubung silahkan matikan firewall.



Dan jangan lupa mematikan password Protected sharing. sekian artikel mengenai Sharing Folder Tanpa Kabel Lan, Ad Hoc WiFi Hotspot Di Windows 10, terima kasih.

MikuniTensai

Semoga artikel yang saya buat ini membantu Anda, silahkan gabung/follow group pada icon dibawah ini

No comments:

Post a Comment