Tips Server Warnet Tanpa Hardisk (Diskless) Menggunakan Software CCBoot

Kali ini saya membuat artikel mengenai  Tips Server Warnet Tanpa Hardisk (Diskless) Menggunakan Software CCBoot. Yang pertama terlintas dalam benak pikiran saya adalah tentang software yang mengenai; spesifikasi server yang digunakan harus bagaimana? Secara kalau komputer client tanpa harddisk berarti beban Sistem Operasi Client ditanggung oleh komputer Server.

Spesifikasi Komputer Server
1. Prosessor
Untuk Prosessor, direkomendasikan menggunakan Prosessor memiliki core 4 atau lebih, bisa menggunakan prosessor tipe AMD ataupun Intel. Sebagai contoh saya memberikan gambaran untuk jenis Prosessor berinti 4 atau lebih.


Dari Prosessor Intel sebagai contoh kita bisa menggunakan seri Intel Core i5-4670K 3.4Ghz - Cache 6MB Socket LGA 1150 - Haswell Series untuk tahun 2017/2018 mendatang saat ini kalian bisa menggunakan processor keluaran terbaru karena mungkin processor seri haswell ini sudah mulai susah didapatkan diantaranya i5 6600K 3.5Ghz/i5 3.8Ghz 7600K.

Untuk Prosessor AMD sebagai contoh kita bisa menggunakan AMD Vishera FX-8350 4.0Ghz Cache 8MB 95W AM3+. atau bisa dari socket AM4 untuk tahun 2017/2018 mendatang.


Bagaimana dengan Processor jenis lama semisal ivy bridge, sandy bridge?
Kebetulan Processor yang saya gunakan untuk build server warnet juga menggunakan seri i7 sandy bridge, walaupun processor lama juga masih bisa digunakan untuk build diskless server, pada server saya menggunakan hanya untuk 10 client dan server masih bisa berjalan dengan lancar.


2. Motherboard
Untuk mainboard, supaya semua hardware bisa berimbang, di rekomendasikan untuk menggunakan mainboard yang mendukung kapasitas RAM lebih dari 8 GB. dan meiliki banyak slot SATA.

3. RAM / Memory
Kebutuhan RAM untuk server minimal sebesar 8 GB dengan tipe RAM menggunakan DDR3, atau supaya nyaman bisa menggunakan RAM sebesar 16 GB/32 GB.



4. Harddisk/SSD
Nah sekarang lanjut di harddisk, berapa nih kapasitas yang harus di persiapkan? kalau komputer client tidak memakai harddisk semuanya.
Untuk Harddisk kita bagi menjadi 3 bagian:

  • Image Disk
Image Disk digunakan untuk menyimpan Sistem Operasi untuk client. Untuk besaran kapasitas Image Disk kita bisa menggunakan SSD Minimal 128GB.

  • Writeback Disk
Writeback disk digunakan untuk menyimpan data dari Client, untuk Writeback Disk direkomendasikan menggunakan SSD.
  • Game Disk
Game disk digunakan untuk menyimpan Game data, inilah salah satu kelebihan menggunakan software CCBoot, untuk warnet yang dikhususkan untuk game proses Patch game online hanya dilakukan 1 kali oleh server, jadi kita tidak perlu mem-patch/update setiap game dari setiap PC Client. Untuk hardisk pastikan sudah setting RAID0 & AHCI bisa disetting di bios komputer server. Game Disk kalian bisa menggunakan Hardisk WDC 1TB SATA 32MB - Caviar Black RE.

Kesimpulannya, untuk membangun sebuah PC Server kita membutuhkan sedikitnya 1 Buah Harddisk, 1 Buah SSD. untuk 10 client PC, jika menggunakan lebih dari 10 Client PC Kalian bisa memakai lebih dari 1 Hardisk dan merubah lokasi Image Disk/Writeback Disk karena pasti akan memakan banyak space di SSD, kecuali jika kalian menggunakan SSD lebih dari 128GB maka aman" saja. mungkin hanya ini yang dapat saya bantu untuk Tips Server Warnet Tanpa Hardisk (Diskless) Menggunakan Software CCBoot 

MikuniTensai

Semoga artikel yang saya buat ini membantu Anda, silahkan gabung/follow group pada icon dibawah ini