Pengertian Burning Data

Pengertian Burning Data - Burning merupaka proses mengcopy data dari PC ke CD atau DVD, teknik ini sering digunakan untuk mentransfer data yang berukuran besar seperti file movie dan album musik. Saat istilah ‘burning’ ini digunakan, sering kali istilah ini mengarah pada penyalinan data secara ilegal.

Burning Data dalah sebuah proses penulisan sebuah data ke dalam CD/DVD kosong yang dilakukan oleh CD/DVD drive di laptop atau computer.
Anda baru membeli CD/DVD kosong dan ingin mengisi data didalam CD/DVD?, maka Anda tidak bisa mengisinya begitu saja dengan memindahkan data dari komputer ke dalam CD/DVD tersebut seperti Anda mencopy data ke dalam flash disk atau seperti mencopy data kedalam drive anda sendiri. Beberapa perangkat perlu kita sediakan sebelum burning CD/DVD diantaranya adalah:


  • CD/DVD
  • File yang akan diburning
  • CD/DVD ROM Laptop/Komputer
Walaupun ada cara untuk burning tanpa menggunakan software, Lebih direkomendasikan menggunakan software aplikasi untuk burning CD/DVD agar data di komputer atau laptop bisa dimasukkan ke CD kosong itu dengan selamat dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Contoh aplikasi yang sering saya gunakan adalah Nero, CDBurnerXP, Burn, ImgBurn, Express Burn Disc Burning, Ashampoo Burning Studio, BurnAware, DVD X Copy, Nero Multimedia, Infra Recorder, Roxio Creator, Windows DVD Maker, Roxio Toast, Power Iso, Deep Burner, Windows Media Player, Alchohol 120%, Universal Disk Format, UlraIso, Clone DVD, MagicIso, cdtools, DVD Shrink, K3b, Clone CD, Brasero, Iso Recoverder Power Toy, Diamond Tools, Gimana banyak kan? jadi kalian tidak perlu khawatir masalah burning ini karena ada banyak tools atau software yang disediakan diinternet.



Di dalam sebuah CD/DVD RW, terdapat laser yang berfungsi untuk membaca dan menulisi sebuah kepingan CD/DVD. Ketika digunakan untuk menulis sebuah CD/DVD, laser yang digunakan terkadang akan memberikan efek panas pada kepingan CD/DVD Anda. Nah, mungkin itulah asal mula mengapa sampai menulis data ke CD disebut burning. setelah burning selesai anda dapat melihat kepingan CD/DVD yang sudah terisi data pada putihan CD/DVD akan terlihat seperti tercoret melingkar.

MikuniTensai

Semoga artikel yang saya buat ini membantu Anda, silahkan gabung/follow group pada icon dibawah ini

No comments:

Post a Comment