Latar Belakang Terbentuknya Dan Sejarah Jaringan

Pada tahun 1940-an di amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersamaan.

Tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, karena mahalnya harga perangkat komputer mesti melayani beberapa terminal. dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktuyang di kenal dengan nama TTS ( Time Sharing System ), bentuk pertama kali jaringan ( Network ) komputer dipublikasikan. pada sitem TTS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer.


Selanjutnya kensep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Procinssing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara pararel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.


Selanjutnya, ketika harga-harga komputer kecil sedah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (peer to peer) saja tanpa melalui komputer pusat.


Untuk itu, mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula, ketika internet mulai di perkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa di tingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Wide Area Network).

Eerv

Semoga artikel yang saya buat ini membantu Anda, silahkan gabung/follow group pada icon dibawah ini

No comments:

Post a Comment